Selasa, 06 Januari 2009

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Mata Pelajaran : Matematika

Kelas / Semester : X / 1

Pertemuan Ke : 51 - 57

Alokasi : 14 x 45 Menit

Standar Kompetensi : Memecahkan masalah berkaitan dengan konsep matriks

Kompetensi Dasar : Mendeskripsikan macam-macam matriks

•A. Indikator

  • 5. Dua Matriks atau lebih ditentukan penjumlahan dan pengurangannya
  • 6. Dua Matriks atau lebih ditentukan hasil kalinya

•B. Tujuan Pembelajaran

  • 1. Siswa dapat mengoperasikan penjumlahan dan pengurangan matriks
  • 2. Siswa dapat mengoperasikan hasil kali skalar dengan matriks
  • 3. Siswa dapat mengoperasikan hasil kali matriks dengan matriks

•C. Materi Pelajaran

  • 1. Penjumlahan dan Pengurangan matriks
  • 2. Perkalian skalar dengan matriks dan perkalian matriks dengan matriks
  • 3. Kesamaan dua matriks yang mengandung operasi matriks

•D. Metode Pengajaran

  • 1. Ceramah
  • 2. Diskusi
  • 3. Penugasan
  • 4. Penemuan

•E. Langkah Pembelajaran

  • 1. Kegiatan awal : Membahas PR dan memberikan pengantar tentang operasi matriks
  • 2. Kegiatan Inti : Menerangkan penjumlahan, pengurangan, perkalian dan kesamaan dua mtriks
  • 3. Kagitan Akhir : Membimbing siswa dalam mengerjakan latihan dan memberikan PR

•F. Sumber Belajar

  • 1. Modul tentang Matriks
  • 2. Buku Matematika SMK dan Referensi lain yang relevan

•G. Penilaian

  • 1. Kuis
  • 2. Tes lisan
  • 3. Tes tulis
  • 4. Pengamatan dan penugasan
BY RATNA

Tidak ada komentar:

Posting Komentar